12/08/12

Mengenal Website


Sejarah Internet

  • 1969 Departemen Pertahanan Amerika  memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan  sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal  dengan nama The Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET).
  • 1970 sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil  dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan  membentuk sebuah jaringan.  
  • 1972 Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program  e-mail yang  ia ciptakan setahun yang lalu untuk  ARPANET. Program  e-mail ini begitu mudah,  sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga  diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan "at" atau "pada".
  • 1973 jaringan komputer  ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan  ARPANET. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini  dipresentasikan untuk pertama kalinya di  Universitas Sussex. 
  • 26 Maret 1976 Ratu Inggris berhasil mengirimkan email dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian,  sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di  ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.
  • 1979 Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,  menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. 
  • 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link. Karena komputer  yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan.
  • 1982 dibentuk  Transmission Control Protocol atau TCP dan  Internet Protocol atau IP yang kini kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul  jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa  e-mail dan  newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada.
  • 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau  Domain Name System.  Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Setahun kemudian alamat anggota jaringan mulai menggunakan alamat dengan akhiran .com. Sistem alamat yang serba praktis ini langsung menggelumbungkan jumlah komputer yang tersambung dengan jaringan. 
  • 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih. 
  • 1988 antar sesama komputer sudah mulai dapat mengobrol atau  chatting, karena Jarko Oikarinen dari Finland berhasil menemukan dan sekaligus  memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer  yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang  dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun  yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan  browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya, yang  membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
  • 1992 komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah  melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah "surfing theinternet". 
  • 1994 situs internet telah tumbuh menjadi 3.000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya  virtual-shopping atau  e-retail muncul di  internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! Didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0
  • 1995 internet sudah menjadi jalur di mana suara, gambar, bisa  streaming sekaligus. Tahun 1996 transaksi perdagangan di  internet sudah mencapai  satu milyar dollar AS. 
  • 1997 situs  internet sudah melewati 1,2 juta. Nama domain business.com mencapai rekor penjualan 150.000 dollar AS. 
  • 1998 situs internet tumbuh menjadi 4,2 juta, dan nama domain yang terdaftar sudah melewati angka dua juta. Tahun 1999 nama domain business.com terjual kembali 7,5 juta dollar AS. 
  • 2000 situs internet sudah melewati 21,1 juta.


Teknologi Internet 
Internet sebagai suatu media informasi memiliki beberapa teknologi yang umum untuk diketahui diantaranya adalah URL, TCP/IP, nama domain, browser, email, dan chatting. Semuanya adalah alat bagi seseorang dalam berhubungan dengan dunia internet.

URL (Uniform Resource Locator) 
URL digunakan sebagai penunjuk lokasi pada internet. URL dapat dimisalkan dengan alamat yang menunjuk pada suatu lokasi. Contoh penggunaan URL adalah  untuk menunjuk alamat pada suatu website.

Nama Domain
Setiap komputer yang terhubung jaringan TCP/IP akan memilki IP address yang unik.  IP address terdiri dari empat grup angka yang dipisahkan oleh titik. Nama domain sebenarnya adalah representasisari IP address. Sebagai contoh IP address dari www.google.com adalah  http://64.233.167.99/.  Kedua URL tersebut akan
menampilkan halaman yang sama, yaitu website Google. Perbedaannya adalah saat mengetikkan url  http://www.google.com, komputer terlebih dahulu mencari  IP address dari google.com yaitu (http://64.233.167.99) kemudian akan me-link ke server tempat file –filenya disimpan.

Browser 
Browser  adalah sebuah program yang digunakan untuk menampikan halaman web.
Browser berkomunikasi dengan web server melalui  protocol HTTP, yang membaca dan menerjemahkan bahasa HTML dan data gambar untuk ditampilkan secara visual sehingga informasi yang ada dapat dibaca.. Pengeksekusian atau pembacaan halaman web oleh  browser dibagi menjadi dua berdasarkan pengeksekusiannya, yaitu pengeksekusian pada sisi klien dan pada sisi server.

Client Side 
Pada sisi klien, script yang dibuat akan dijalankan pada komputer klien (user) lalu ditampilkan hasinya pada browser sehingga sering disebut  browser scripting. Diantaranya adalah HTML, JavaScript, VBScript, DHTML dll. Kegunaannya untuk membuat tampilan pada web lebih menarik dan dinamis.

Server Side
Pada sisi server, script akan dijalankan pada komputer server, kemudian server akan mengirimkan hasilnya pada browser komputer klien. Kerja script pada server side berbeda dengan client side, pada server side, server pada komputer menjadi berat , karena server side membutuhkan banyak resource server untuk
mendukung scriptingnya. Scripting pada server side diantaranya adalah Perl, PHP, ASP, JSP, Coldfusion dan lain-lain

Email 
Email adalah salah satu produk yang dihasilkan pada masa sejarah berkembang internet. Dengan email komunikasi pada dunia internet menjadi lebih cepat dan efisien. Email adalah singkatan dari electronic mail (surat elektronik) yang fungsinya sama yaitu untuk mengirim surat atau pesan ke alamat yang dituju, tetapi dengan media internet.

Chatting 
Chatting adalah pembicaraan yang dilakukan kepada orang lain dengan menuliskan kata-kata dan menggunakan komputer yang terhubung ke internet secara bersamaan. Apapun yang anda ketik melalui keyboard, maka akan muncul pada layar komputer rekan chatting anda. Ada banyak program-pogram chatting diantaranya Yahoo Instant Messager (YIM), MIRC, MSN, dll.

HTML 
HTML atau yang memiliki kepanjangan Hypertext Markup Language adalah script  dimana kita bisa menampilkan informasi dan daya kreasi kita lewat internet. HTML sendiri adalah suatu dokumen teks biasa yang mudah dimengerti dibanding bahasa pemrograman lainnya, dan karena bentuknya itu maka HTML dapat dibaca oleh berbagai platform seperti : Windows, Linux, Macintosh. Kata “Markup Language“
pada HTML menunjukkan fasilitas yang berupa tanda tertentu dalam skrip HTML dimana kita bisa mengatur judul, garis, tabel, gambar, dan lain-lain dengan perintah yang telah ditentukan pada elemen HTML.
HTML sendiri dikeluarkan oleh  W3C (World Wide Web Consortium),  setiap terjadi perkembangan level HTML, harus dievaluasi ketat dan disetujui oleh  W3C. Hingga kini versi terakhir HTML yang telah disetujui oleh W3C adalah HTML versi 4.01.

Apa Itu Website?
Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.

Unsur-Unsur dalam Penyediaan Website atau Situs

  • Nama domain (Domain name/URL - Uniform Resource Locator). Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Contoh : http://www.nama situs .com 
  • Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Setelah Nama Domain itu terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, maka pengguna disediakan sebuah kontrol panel untuk administrasinya. Jika pengguna lupa/tidak memperpanjang masa sewanya, maka nama domain itu akan di lepas lagi ketersediaannya untuk umum. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah:

.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
.or.id : Untuk organisasi yand tidak termasuk dalam kategori di atas
.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan  seperti SD, SMP dan atau SMU
.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.


Apa Manfaat dan Kegunaan Website?

  • Meningkatkan visibilitas/kehadiran perusahaan. Menambah visibilitas/kehadiran perusahaan. Bisa diibaratkan perusahaan membuka showroom (ruang pamer) yang baru.
  • Menyediakan informasi profil perusahaan secara detail. Untuk mengetahui profil profil perusahaan lain untuk berkejaa sama dan berbisnis dengan tujuan agar bisa menjadi rekanan.
  • Mengomunikasikan produk dan jasa perusahaan secara mendetail. Saat beriklan di koran/majalah, iklan pada sebuah papan reklame, atau membuat brosur. Tempat/space yang disediakan dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur pasti dibatasi dan tidak mudah untuk diubah informasinya.
  • Mengingatkan calon pelanggan yang lupa. Berkaitan dengan proses pemasaran, calon pelanggan menerima informasi mengenai perusahaan dan jasa kita yang mungkin didapat melalui presentasi, melihat brosure, browsing atau melihat iklan. Calon pelanggan mungkin kehilangan kartu nama perusahaan kita dan saat membutuhkan jasa kita dia akan mencari di internet(search engine) dan melakukan pencarian dengan keyword nama perusahaan kita. 
  • Memudahkan pelanggan menghubungi kita. Untuk melakukan pencarian di internet apabila lupa sesuatu hal, mencari perusahaan kita, menemukan dan menghubungi kita kembali.
  • Meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Mempermudah saat menambahkan informasi-informasi yang terkait dengan produk atau jasa perusahaan. 
  • Meningkatkan kredibilitas perusahaan. Perusahaan yang memiliki website akan terkesan maju dan modern. Dengan demikian maka kredibilitas perusahaan akan meningkat.
  • Memperluas jangkauan promosi, dengan memiliki website maka produk perusahaan lebih banyak dikenal masyarakat.
  • Media tanpa batas, internet adalah media informasi yang tanpa batas. Bisa diakses kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja. Internet bisa diakses oleh seluruh lapiran masyarakat di antero jagat (unlimited user access).
  • Promosi terluas, internet adalah media promosi terluas jika dilihat dari kacamata jangkauan atau cakupan area (unlimited scopt of areas).
  • Media pengenalan perusahaan. 



Jenis Website

  1. Basic. Website disediakan untuk publikasi informasi. Adapun informasi yang akan disediakan adalah beraneka ragam dari profile pribadi hingga company profile. Fokus situs ini adalah publikasi informasi.
  2. Search Engine. Situs search engine adalah situs yang menyediakan mesin pencari. Search engine secara otomatis mencari dan menyimpan data-data situs yang beredar di internet. Adapun materi yang dapat dicari adalah segala sesuatu yang tergabung di dalam website yang terhubung di internet. Seperti mencari sebuah alamat website, file-file multimedia dan grafis yang terkandung di dalam website. Dalam hal ini situs-situs lain berlomba-lomba untuk menduduki tempat tertinggi untuk dapat di cari oleh search engine. Fokus situs ini adalah sebagai mesin pencari situs lain.
  3. Portal. Situs jenis portal merupakan pintu gerbang bagi situs lain seperti halnya juga search engine. Tetapi di dalam portal situs-situs tersebut lebih disusun untuk disajikan. Berbeda dengan search engine situs-situs tersebut bukan dicari datanya secara otomatis oleh mesin pencari tetapi disimpan dan dikelola oleh pengelola portal secara dictionary. Umumnya portal-portal besar juga menyediakan layanan internet lain seperti email bagi member dan lain-lain. Fokus situs ini adalah sebagai gerbang dan facebook bagi situs lain.
  4. Blog. Blog merupakan buku harian yang terpublish di internet. Seorang pengelola blog dapat dengan bebas menuangkan pikirianya dalam bentuk tulisan ke dalam website ini. Tulisan tersebut selanjutnya disimpan di database dan di publish di internet. Fungsional situs ini adalah publikasi dalam bentuk artikel di internet. Fokus situs ini adalah manajemen artikel. 
  5. Networking. Situs jenis networking adalah situs penyedia yang menampung member-member untuk membentuk suatu komunitas. Sehingga member-member di dalam website tersebut dapat saling berkomunikasi dan bertukar pikiran. Di dalam website ini sesama member dapat saling berkenalan dan menjalin relasi satu sama lain. Pertukaran pesan dan testimonial pun terjadi diantara member yang belum atau sudah menjalin relasi. Fokus situs ini adalah friend relationship atau berteman dan berkomunitas di dalam internet.
  6. Forum. Forum adalah situs membership seperti networking juga. Tetapi tidak berfokus pada friend relationship seperti situs networking. Situs ini lebih berfokus sebagai ajang diskusi di internet. Adapun diskusi dalam bentuk tulisan yang diposting oleh member di organisasikan dengan lebih baik hingga perkategori yang terdiri dari berbagai sub-sub. Tujuan situs ini adalah wadah saling bertukar pikiran dalam diskusi. Fokus situs ini adalah forum diskusi online.
  7. News. News site adalah situs yang mengelola berita untuk di publish ke internet. Pengelola website dapat mengelola yaitu antara lain menulis dan memanage berita. Kemudian user internet dapat melihat informasi berita tersebut melalui website. Fokus situs ini adalah manajemen berita.
  8. Event Organizer. Situs jenis ini adalah situs yang mengelola manajemen informasi pengadaan acara. Informasi yang disajikan situs ini biasanya berorientasi waktu, misalnya informasi kapan diadakannya sebuah event, event yang terlewatkan dan event yang akan diadakan nantinya. Di dalamnya juga terdapat keterangan deskripsi tentang event tersebut dan judul event. Fokus situs ini adalah manajemen informasi event.
  9. Gallery. Gallery site menyediakan fasilitas publikasi foto dan gambar secara online. Pengelola website dapat menyimpan foto atau gambar yang diinginkan lalu dikategorikan dan di manage setelah itu di publish. Fokus situs ini adalah publikasi foto dan gambar.
  10. Multimedia Streaming. Video streaming dan audio streaming sekarang merupakan trend baru dari dunia website. Di dalam situs jenis ini seseorang dapat menonton atau mendengarkan secara langsung multimedia melalui web. Untuk membangun situs ini diperlukan server yang memiliki koneksi internet yang high dan up stream, ini dikarenakan file-file multimedia yang relatif berukuran besar. Fokus situs ini adalah publikasi audio dan video online.
  11. E-Commerce. Situs dengan sistem e-commerce adalah situs yang bertujuan untuk melakukan perdagangan melalui media internet. Pengelola dapat mengorganisir barang-barang yang ingin dijual lalu mempublikasikan secara online beserta harganya. Ada juga yang menyediakan transaksi online melalui website ini. Yang jelas dalam hal ini website dimanfaatkan sebagai toko di dalam internet. Fokus situs ini adalah perdagangan online. 
  12. E-Learning. E-Learning merupakan situs yang menyediakan pembelajaran online melalui internet. Pembelajaran dilakukan melalui berbagai media seperti tulisan, gambar hingga multimedia. Fokus situs ini adalah pembelajaran online.

2 komentar:

  1. informasi yang sangat menarik dan bermanfaat nih
    terimakasih banyak gan
    salam sukses selalu

    BalasHapus

Definisi Public Relations

Public relations (PR) yang diterjemahkan bebas menjadi hubungan masyarakat (Humas), terdiri dari semua bentuk komunikasi yang terselenggara...