02/05/11

Proses Komunikasi Insani

Pentingnya Komunikasi Insani
  • 75% dari seluruh waktu kita dipakai untuk berkomunikasi
  • Stewart (1886): orang yang terkucil secara sosial cenderung lebih cepat mati
  • Haslett (1984): bayi dan anak-anak memiliki motivasi yang kuat untuk berkomunikasi, secara naluriah memahami interaksi antar persona, karena mereka menyadari komunikasi merupakan alat membina hubungan. Ibulah yang mengajari anak-anaknya bagaimana berinteraksi dan menyesuaikan diri.
  • Komunikasi di tempat kerja mendukung promosi. Penelitian King (1987), 5 keahlian terpenting di tempat kerja; mendengarkan, komunikasi tertulis, kepemimpinan, komunikasi lisan informal, dan berpikir analitis.
Goyer (1970): Yang membuat komunikasi insani menjadi unik adalah kemampuannya yang istimewa untuk menggunakan lambang-lambang, sehingga dengan kemampuan ini, "manusia dapat berbagi pengalaman secara tidak langsung maupun memahami pengalaman orang lain".

Komunikasi insani: Proses pembentukan makna di antara dua orang atau lebih....

Model Komunikasi Tubbs


Baik pengirim (komunikator 1) maupun penerima (komunikator 2) adalah sumber informasi, masing-masing menerima pesan secara serentak. Keduanya saling mempengaruhi.

Ada empat jenis pesan yang mungkin:
(1) Verbal disengaja
(2) Verbal tak disengaja
(3) nonverbal disengaja
(4) nonverbal tak disengaja

Pesan verbal adalah semua jenis komunikasi lisan yang menggunakan suatu kata atau lebih.

Communicative stimuli (rangsangan wicara): usaha-usaha yang dilakukan secara sadar untuk berhubungan dengan orang lain secara lisan = Pesan verbal disengaja.

Haney (1992): Kata semata tidak memiliki makna apapun. "Kesalahan wadah" (container fallacy). Tidak benar bahwa makna dibawa atau dikandung atau diwadahi oleh kata-kata.

Pesan nonverbal meliputi aspek nonverbal dalam perilaku kita: ekspresi wajah, sikap tubuh, nada suara gerakan tangan, cara berpakaian, dan sebagainya. Semua pesan yang disampaikan tanpa kata-kata atau selain dari kata-kata yang kita pergunakan.

Pesan nonverbal tak disengaja: semua aspek nonverbal dalam perilaku kita yang kita sampaikan tanpa kita kontrol.

Saluran komunikasi tatap muka adalah organ pengindera - khususnya pendengaran, pengelihatan dan perabaan.

Gangguan (interference) dan kegaduhan (noise) yakni segala sesuatu yang mengubah informasi yang disampaikan kepada penerima atau mengalihkannya dari penerimaan tersebut. Ada dua jenis; gangguan teknis dan gangguang semantik.

Mendengarkan (listening) dan mendengar (hearing) bukanlah sinonim. Empat proses mendengarkan; memperhatikan, mendengar, memahami dan mengingat.

Luft (1969): Umpan balik adalah balasan atas perilaku yang kita perbuat - konteks antar persona.

Dance (1967): Setiap saat dan kapan saja, helix memberikan bukti geometrik yang mendukung konsep bahwa ketika komunikasi bergerak kemuka ia juga bergerak mundur dengan sendirinya pada saat yang bersamaan,gerakan ini dipengaruhi oleh gerakan yang terdahulu... Proses komunikasi, sama seperti helix, bergerak maju secara konstan dan sampai tingkat tertentu selalu bergantung pada keadaan yang telah berlalu, yang menjelaskan keadaan sekarang dan yang akan datang.

Bentuk spiral juga menjelaskan dalam komunikasi tidak dapat kembali keadaan awal. Hubungan yang terjadi pasti mengalami perubahan sebagai hasil setiap interaksi.

Konteks komunikasi:
(1) Komunikasi dua orang (dyadic)
(2) Wawancara, percakapan dengan maksud tertentu
(3) Komunikasi kelompok kecil, tiga orang atau lebih
(4) Komunikasi publik, di tempat umum, formal, ada norma yang jelas untuk dipatuhi
(5) Komunikasi organisasional, arus pesan dalam suatu jaringan hubungan yang saling bergantung (Goldbaher, 1990)
(6) Komunikasi massa, komunikasi menggunakan media

Komunikasi antar budaya: komunikasi yang terjadi di antara orang-orang yang memiliki kebudayaan yang berbeda (ras, etnik, sosioekonomi, atau gabungan dari perbedaan ini).

Lima hal ukuran komunikasi efektif: (1) pemahaman, (2) kesenangan, (3) pengaruh pada sikap, (4) hubungan yang makin baik dan (5) tindakan.



*Disarikan dari Buku Human Communication Prinsip-Prinsip Dasar oleh Stewart L. Tubbs - Sylvia Moss, Pengantar: Dr. Deddy Mulyana, M.A. Penerbit Remaja Rosda Karya, Bandung. Cetakan kelima 2008.

1 komentar:

Definisi Public Relations

Public relations (PR) yang diterjemahkan bebas menjadi hubungan masyarakat (Humas), terdiri dari semua bentuk komunikasi yang terselenggara...