10/08/12

Online Public Relations


PENGERTIAN ONLINE PR
Menurut Bob Julius Onggo dalam "Cyber Public Relations—Strategi Membangun dan Mempertahankan Merek Global di Era Globalisasi Lewat Media Online": E-PR (electronic public relations), Cyber PR, Online PR, atau PR on the net, adalah kegiatan PR yang menggunakan internet sebagai media komunikasi. Media internet dimanfaatkan oleh PR untuk membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan publik. Ribuan on-to-one relations dapat dibangun secara simultan melalui media internet karena sifatnya yang interaktif.

Kelebihan online PR, adalah:
  1. Komunikasi konstan
  2. Internet bekerja selama 24/7 (24 jam x 7 hari) 
  3. Potensi target publik seluruh dunia - Pasar global
  4. Respons yang cepat
  5. Interaktif, komunikasi dua arah
  6. Hemat.


Sebagai tim, offline PR dan Departemen Pemasaran dapat menghasilkan 3R bagi suatu perusahan, yaitu:
  • Relations—mampu berinteraksi dengan berbagai target audiens untuk membangun hubungan dan citra perusahaan
  • Reputasi—merupakan suatu seni dalam membangun reputasi online yang baik secara berkesinambungan
  • Relevansi—mengupayakan agar setiap inisiatif online relevan dengan target audiens korporat.

Strategi online PR adalah membidik situs berita dan komunitas online yang berorientasi khusus. PR dapat menyampaikan siaran pers, artikel, foto, suara dan/atau video ke situs berita, dan dapat mengikuti diskusi dengan komunitas yang berkaitan atau berhubungan dengan core business organisasi.



MEDIA ONLINE PR
E-mail
E-mail merupakan sarana yang efektif untuk membangun dan meruntuhkan reputasi. Cara menulis e-mail yang salah atau terlalu lama dalam menjawab pertanyaan melalui e-mail yang masuk akan meruntuhkan reputasi.

Cara membuat pesan e-mail yang efektif, yaitu:
  1. Perhatikan subject line email Anda. Subject line hendaknya singkat, namun menggoda. Subject line mirip dengan tajuk rencana atau headline di suatu majalah atau surat kabar untuk menggoda minat baca. Prinsip subject line lainnya, adalah: jangan mirip iklan; positif; taruh kata-kata yang paling penting terlebih dahulu; tonjolkan manfaat yang paling penting; tarik perhatian penerima e-mail dengan kata-kata yang bakal mendorongnya untuk bertindak; bangun kredibilitas bisnis; jika Anda tahu nama si penerima e-mail, sapa namanya di subject line; dan jangan gunakan huruf besar.
  2. Gunakan e-mail merge, agar tidak terkesan massal.
  3. Gunaka nama pribadi.
  4. Fokus pada satu topik.
  5. Penggunaan attachement. Kirim attachement setelah mendapat persetujuan dari pihak resipien atau setidaknya mereka telah meminta Anda mengirimnya dalam bentuk attachement. Cara lain, taruh file yang akan Anda kirim di web server, kemudian kirim alamat URL-nya sehingga resipien bisa mengambil sendiri; atau buat informasi dalam bentuk e-brochure yang menyatu (blend) dengan e-mail Anda dan tidak terlihat seperti attachement.
  6. Ekspresikan diri lewat emoticon dan tulisan singkat. Wakili emosi tulisan melalui penggunaan ikon (emoticon). Namun, jangan gunakan banyak emoticon untuk urusan komunikasi bisnis. Selain itu, beberapa frase tertulis dapat disingkat, namun frase yang umum dikenal adalah yang berbahasa Inggris, seperti: BTW (by the way), ICU (I see you later), CYA (see ya), dan BBL (be back later).


Milis
Milis (mailing list) merupakan daftar alamat e-mail yang mempercepat pengiriman informasi kepada sekumpulan orang. Ikut serta dalam suatu Milis yang relevan dapat membantu menarik pelanggan/anggota baru. PR juga dapat membuat Milis sendiri untuk perusahaan. Milis disusun secara hierarki berdasarkan subjeknya.

Ada dua jenis Milis publik, yaitu:
  1. Milis yang moderated. Milis jenis ini mempunyai penjaga yang menyaring pesan-pesan yang masuk sebelum diteruskan kepada anggotanya.
  2. Milis yang tidak moderated. Walaupun Milis ini ada penjaganya namun semua e-mail yang masuk langsung secara otomatis diteruskan kepada anggota-anggota yang lain.


Cara menjadi anggota Milis yang bermartabat, yaitu:
  • Pastikan pesan Anda sesuai dengan pokok yang sedang dibicarakan.
  • Anda harus menjadi kontributor ide yang baik sebelum akhirnya pesan-pesan komersial Anda ditanggapi dengan baik.
  • Promosi dalam bentuk advertorial akan lebih disukai daripada yang terus terang.
  • Periksa dan evaluasi Milis mana yang mendatangkan lebih banyak respons dan kunjungan ke situs web serta mendatangkan hasil yang diharapkan.
  • Pesan e-mail Anda pun harus berisi desakan atau dorongan agar mereka bertindak berdasarkan apa yang Anda inginkan tanpa terkesan menggurui.
  • Tetapkan target yang masuk akal. Umumnya, jika Milisnya tepat dan pesan Anda menggoda, tingkat responsnya bisa 1% hingga 3% atau mungkin lebih tinggi lagi.


Newsletter Elektronik (Ezine)
Lebih dari 60% pengguna internet sering, suka membaca atau subscribe suatu ezine yang sesuai minat mereka. Ezine atau majalah elektronik sarat akan informasi, artikel dan solusi. Beberapa ezine berbasis web dan e-mail. Ezine yang paling populer adalah yang dikirim melalui e-mail. Biasanya, ezine tidak berisi semua artikel dan berita, namun hanya artikel atau kolom tertentu; dan arsip ezine pun tersedia di situs webnya. Ezine berbasis web berfungsi seperti majalah, namun memberikan akses informasi online kepada para pembacanya. Beberapa ezine berbasis web mengharuskan pembaca menjadi pelanggan (subscriber) jika ingin membaca artikel atau mendapatkan informasi lebih lengkap. Sedangkan ezine berbasis e-mail memudahkan pembaca untuk langsung membacanya di inbox e-mailnya tanpa harus pergi ke situs web pemilik majalah. Ezine berbasis e-mail biasanya lebih content-oriented dan pembacanya lebih targeted. Halamannya juga tidak banyak, hanya sekitar dua atau tiga halaman, 80% berisi artikel atau ulasan informasi yang bermutu dan 20% berisi sponsor atau iklan untuk membidik pembaca yang targeted. Ezine berbasis e-mail ini biasanya dikirim seminggu sekali, dua minggu sekali, atau sebulan sekali. Jika Anda mendapatkan ezine yang sesuai dengan organisasi, Anda dapat menjadi sponsor atau menulis artikel untuk ezine tersebut.


Blog
Dan Zarella dalam "The Social Media Marketing Book", menyatakan: Blog adalah sejenis manajemen konten (content management system atau CMS) yang memudahkan siapa saja untuk mempublikasikan tulisan-tulisan pendek yang dinamakan post. Setiap perusahaan yang mempunyai situs internet harus memiliki blog. Blog bukan tempat yang tepat untuk menyebarkan siaran pers perusahaan; blog harus bersifat konversasional (percakapan interaktif). Setiap kali perusahaan Anda melakukan sesuatu yang baru atau bagus, segera tulis post tentangnya.

Menurut Phillips & Young dalam "Online Public Relations—A Practical Guide to Developing an Online Strategy in the World of Social Media", a weblog, usually shortened to blog, is a type of website. It allows the owner (the blogger) to write web pages (posts) and make them available in reverse chronological order. Most blogs are public, but many companies have internal blogs for staff to read, create, write and add content to.

Blog menyediakan fasilitas, seperti:
  • Post. Blog berisikan banyak post. Panjang sebuah post berkisar dari 100 atau 200 kata sampai berhalaman-halaman, tetapi supaya efektif, satu post harus selalu membicarakan satu topik. Sebaiknya, tulislah post pendek dan panjang secara selang-seling.
  • Permalink.  Setiap post di blog dapat dilihat di banyak tempat, misalnya di beranda (home page), halaman kategori, dan halaman arsip. Tempat- tempat ini bersifat dinamis, dan ketika post-post baru bertambah, post-post yang lama dimundurkan. Satu tempat yang selalu berisi satu post khusus (dan hanya satu post itu) adalah halaman permalink. Tautan-tautan permanen inilah yang Anda promosikan di Twitter atau situs-situs berita sosial.
  • Komentar.  Kebanyakan blog menyediakan sebuah tempat di bawah setiap post bagi para pengguna untuk menuliskan komentar. Tempat komentar ini merupakan tempat yang sangat bagus untuk membangun komunitas dan mendapat komentar. Responslah sebanyak mungkin komentar yang masuk, terutama ketika blog Anda baru mulai beroperasi. Jika ada orang yagn menulis komentar negatif dengan niat yang baik, responslah, jangan menghapusnya. Namun, jika komentarnya membuat kacau, atau menyerang Anda, sah-sah saja untuk menghapusnya. Luangkanlah waktu setiap hari untuk menulis komentar-komentar yang bermakna di blog-blog lain di bidang bisnis Anda. Carilah beberapa blog yang terkenal dan relevan dengan bisnis Anda, dan jadilah anggota “istimewa” dari komunitas-komunitas mereka. Ini merupakan cara yang sangat bagus untuk berhubungan dengan orang lain di bidang Anda, tetapi Anda perlu mengimbanginya dengan meluangkan waktu untuk membuat konten Anda sendiri berkualitas di blog Anda, karena kontenlah yang mengundang komentar.


Twitter dan Microblogging
  • Zarella: Microblogging adalah bentuk blogging yang membatasi ukuran setiap post-nya. 
  • Micro-blogging is a form of blogging with very limited space for text (140–200 characters usually).These small comments are made available for people to follow and monitor on their PCs or mobiles. The first such service wasTwitter, which was launched in July 2006, and its main competitors are FriendFeed, Jaiku and Pownce. 
  • Phillips & Young: There are a number of copycat services and embedded examples in popular social networking websites Facebook and MySpace that have a micro-blogging feature, such as ‘status update.


Zarella: Kebanyakan perusahaan hadir di Twitter; Twitter itu mudah, hanya memerlukan sedikit waktu, dan dapat membuat anggotanya dengan cepat jadi buah bibir, serta meningkatkan penjualan dan pengetahun konsumen. Anda dapat memanfaatakn Twitter untuk menyampaikan tawaran, memberitakan peritiwa, mempromosikan post-post baru di blog, aatau menghubungkan para pembaca Anda denagn tautan-tautan yang berisi berita-berita penting.


Facebook
Facebook bermula di kampus, sehingga banyak anggotanya adalah mahasiswa. Akan tetapi, belakangan segme penggunanya yang bertambah pesat adalah orang-orang yang berusia 35 tahun ke atas, dan data terbaru menunjukkan bahwa pengguna Facebook dengan kelompok usia 35-54 tahun lebih banyak ketimbang usia 18-24 tahun. Perusahaan-perusahaan dapat membuat profil terbuka di Facebook yang banyak fiturnya sama dengan fitur-fitur profil individu. Para pengguna dapat bersambungan dengan halaman Facebook dan menjadi fannya. Halaman-halaman Facebook bisa berisi wall untuk pesan terbuka, berita kegiatan, foto, dan aplikasi-aplikasi yang dapat diubah.

YouTube
YouTube didirikan oleh tiga karyawan PayPal pada 2005 dan didanai 11,5 juta dolar oleh perusahaan modal ventura Sequoia Capital. Sekarang, YouTube menjadi situs video bersama terbesar di web dan merupakan situs ketiga yang paling sering dikunjungi di internet. Anda dapat memanfaatkan YouTube dengan membuat video pendek dan sangat menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Definisi Public Relations

Public relations (PR) yang diterjemahkan bebas menjadi hubungan masyarakat (Humas), terdiri dari semua bentuk komunikasi yang terselenggara...